Radar – Malang (Jawa Pos Group) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang media massa (koran) dengan bisnis inti media cetak. Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi, timbul pertanyaan “Benarkah koran adalah media massa yang sedang sekarat?”.
Memang, sudah ada sejumlah koran yang gulung tikar. Tetapi, masih banyak juga koran yang masih tetap eksis. Ingat, koran sudah diramal mati sejak awal abad ke-19 ketika pertama kalinya ditemukan radio. Namun, Jawa Pos masih bisa bertahan. Hal ini dikarenakan Jawa Pos memiliki Readership tertinggi di Indonesia menurut survei Roy Morgan dan Nielsen Media Research. Dan Radar Malang masuk dalam jajaran lima besar koran yang memiliki readership tertinggi di Jawa Pos Group.
Jawa Pos merupakan salah satu konglomerasi media terbesar di Indonesia. Jawa Pos memiliki berbagai cabang usaha seperti

  1. Media. di bidang media, Jawa Pos memiliki 3 sektor yaitu media cetak (koran), online (www.jawapos.comwww.radarmalang.id) dan televisi lokal (Jtv).
  2. Properti dan Perhotelan
  3. Power Planer
  4. Pabrik kertas
  5. Percetakan
  6. Perkebunan
Hingga saat ini, ada tiga jenis perusahaan yaitu Manufaktur, Retail dan Jasa. Diantara tiga jenis perusahaan tersebut, Radar Malang termasuk dalam jenis Manufaktur dan Jasa. Hal ini dikarenakan Radar Malang mengubah bahan baku (berupa foto dan tulisan) menjadi barang jadi (berupa koran) dan melayani jasa pemasangan iklan dan jasa penjualan koran.
Koran adalah industri khas yang memiliki SDM dibidang Wartawan, Pekerjaan Otak dan Otot, dan Pencipta Opini. Produk Radar Malang berumur hanya sehari, dan isi (konten) tak sebanding dengan harga. Sedangkan jam kerja hampir 24 jam yang dibagi menjadi 2 shift, shift pagi untuk karyawan non direksi, sedangkan shift siang untuk karyawan direksi.
Dalam menjalankan usaha agar tetap berdiri diterpa terjangan zaman, kita harus memperhatikan empat fungsi bisnis, yaitu

     1. MEMPRODUKSI


Penelitian & Pengembangan
Mengembangkan produk. Desain & melakukan eksperimen & tes. Menginterpretasikan data. Mengelola proyek. Menulis laporan. Tetap up to date dengan perkembangan baru.
Produksi & Kualitas
Mengelola proses produksi. Merencanakan jadwal produksi. Memastikan bahwa mesin, staf & material digunakan secara efisien. Memantau masalah kesehatan & keselamatan & lingkungan. Berkaitan dengan pemasaran, penelitian & keuangan.
Distribusi / Logistik
Mengelola semua proses rantai suplai dari bahan baku ke tempat produk akhir digunakan. Koordinasikan pasokan, distribusi & penyimpanan barang. Mengelola transportasi & pusat distribusi termasuk pengemudi & staf gudang.

     2.  PENJUALAN

Penjualan
Mendemonstrasikan & menyajikan produk kepada pelanggan. Mengelola anggaran. Mempelajari tentang produk baru. Memastikan bahwa produk memenuhi persyaratan pelanggan. Menulis tender & proposal.
Pemasaran
Mengkoordinasikan semua elemen yang terlibat dalam mempromosikan & menjual produk dengan sukses: riset pasar, penetapan harga, pengemasan, periklanan, penjualan, distribusi. Melibatkan perkiraan, penganggaran & perencanaan, implementasi rencana.

     3. FUNGSI PENDUKUNG

KEUANGAN - Akuntan Manajemen
Menyediakan informasi yang diperlukan untuk perlindungan keuangan & perencanaan perusahaan. Menyiapkan catatan akuntansi & informasi manajemen.
Komputasi
Desain, mengimplementasikan & memelihara sistem komputer untuk memenuhi persyaratan pengguna. Menyediakan dukungan komputasi untuk staf. Mempertahankan database & jaringan.
HR / Personil
Rekrut & pilih staf baru. Terlibat dengan kontrak kerja, deskripsi pekerjaan, pelatihan, pengembangan manajemen, hubungan industrial & hal-hal disiplin.
Membeli / Membeli
Menempatkan & mempertahankan hubungan dengan pemasok, produk. Merundingkan harga, tanggal pengiriman & spesifikasi produk. Bekerja dengan manajer untuk mengantisipasi tuntutan masa depan.

     4. PELAYANAN LUAR

Akuntan Chartered
Mengunjungi klien sebagai bagian dari tim audit; meninjau operasi bisnis mereka & catatan keuangan untuk menetapkan validitas akun perusahaan. Advises pada kewajiban pajak & hal-hal lain.
Konsultan Manajemen
Mengidentifikasi & menyelidiki, masalah yang berkaitan dengan kebijakan, organisasi, prosedur & metode organisasi. Merekomendasikan tindakan yang tepat & membantu untuk mengimplementasikan ini.
Agen perekrutan
Mencocokkan pencari kerja dengan lowongan perusahaan. Menilai keterampilan calon & persyaratan majikan.
Iklan
Bekerja sama dengan & memberi saran kepada klien tentang semua aspek komunikasi pemasaran; menyajikan proposal kepada klien; mengelola anggaran belanja iklan; membuat klien selalu mengetahui aktivitas mereka sendiri & pesaing.
Riset Pasar
Ini dapat dilakukan oleh departemen pemasaran di dalam perusahaan, atau oleh lembaga riset pasar eksternal. Merencanakan proyek riset pasar atas nama klien. Menganalisa masalah. Proposal draft. Menyiapkan kuesioner & metode survei. Pengacara Briefs. Menganalisis data & menyajikannya ke klien. Menyiapkan laporan.
Hubungan Masyarakat
Semua aspek media & hubungan masyarakat untuk klien: mis. brosur perusahaan & stand pameran. Pertanyaan jawaban. Mempersiapkan siaran pers, mengatur konferensi pers, konferensi & kampanye PR.


Kunci agar kita sukses adalah
  • Selalu bersyukur
Dengan berpositif thinking, kita bisa membangun spirit (semangat) sehingga meningkatkan produktivitas. Sehingga kita bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas.
  • Taat
Kita harus taat kepada tuhan yaitu taqwa sehingga selelu diberikan jalan terhadap berbagai kesulitan. Selain itu taat kepada tugas dan kewajiban dengan berkomitmen dan attitude yang baik sehingga kita bisa dipercaya, dihargai dan diberi kesempatan.










Sekian artikel Business Entities & Business Model kali ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pembuatan peta dengan menggunakan arc view 3.3